2 Cara Mengobati Sariawan di Lidah

2 Cara Mengobati Sariawan di Lidah


Mengobati sariawan di lidah


Mungkin dari kalian pernah yang mengalami sariawan. Sariawan pada lidah selalu mengganggu kita dalam melakukan aktivitas dengan rasa tidak enak, perih pada mulut dan menurunnya bati sariawan.

Sariawan dengan disertai rasa sakit akan mengganggu anda saat sedang minum, mukut akan terasa perih dan sakit.



Daftar isi:

Penyebab sariawan di lidah
Cara mengatasi sariawan di lidah
Perawatan sariawan di lidah




Penyebab Sariawan

Menurut ilmu medis, sariawan disebabkan oleh beberapa hal seperti: aphthous stomatitis (canker sores), efek samping obat-obatan, luka di lidah, efek samping kemoterapi, kebiasaan merokok, kanker, diabetes, stres, infeksi HIV dan perubahan hormon pada masa kehamilan.

Selain itu, sariawan di lidah juga bisa disebabkan dari infeksi pada mulut yang berasal dari jamur atau disebut juga oral thrush. Sariawan jenis ini berbentuk seperti luka berselaput agak putih. Sariawan juga bisa muncul pada bagian pipi dalam, gusi, amandel dan bagian belakang tenggorokan.

Cara mengatasi sariawan di lidah


Gunakan obat antijamur

Untuk langkah ini, kenali dulu penyebab sariawan jika tidak disebabkan oleh jamur maka dapat membaik sendiri dalam 2 minggu, kalau disebabkan oleh jamur maka harus menggunakan obat antijamur untuj menghentikan pertumbuhan jamur.

Salah satu obat  pilihan yang bisa anda coba adalah obat antijamur clomatrizole yang berbentuk tablet kunyah yang dibiarkan sariawan larut di mulut. Obat sariawan lain yang ampuh juga adalah nystatin, obat ini jenis obat kumur yang dibiarkan sesaat dalam mulut kemudian telan.

Jika obat sariawan tidak bisa membantu maka konsultasi pada dokter maka akan diberikan obat itraconazole atau fluconazole. Obat ini diberikan pada penderita HIV/AIDS dan  penderita infeksi jamur di mulut.

Pada saat bayi yang masih harus diberi susu ibu terkena sariawan di dalam lidah, metode pengobatannya yaitu memakai krim antijamur diberikan pada payudara ibu. Cara ini untuk mencegah infeksi berulang pada si bayi.

Jika sariawan tidak kunjung baik selama beberapa hari sebaiknya harus ditangani oleh dokter terutama jika sariawan tidak diketahui penyebabnya.

Perawatan sariawan di lidah

Cara ini bisa anda lakukan di rumah untuk meringankan sakit pada lidah akibat sariawan:

1. Menyikat gigi

Menyikat gigi bertujuan untuk membersihkan bagian mulut, jika perlu gunakan benang gigi setiap hari untum hasil yang maksimal. Gantilah sikat gigi pada saat terkena infeksi jamur, hindari memakai sikat gigi orang lain meskipun saudara.

2. Jangan Gunakan obat kumur

Hal ini bertujuan untuk mencegah pertumbuhan flora normal mulut, terkecuali bila direkomendasikan oleh dokter karena alasan tertentu.

3. Berkumur dengan air garam

Campurkan 1/2 sendok the garam dalam secangkir air hangat, kemudian berkumur beberapa saat lalu buang. Anda bisa lakukan cara ini setiap hari untuk meringankan sakit akibat sariawan.

Perbanyak minum air putih jika terasa sakit saat minum maka gunakan sedotan.

4. Konsumsi makanan yang tidak banyak di kunyah

Contoh makanan yang tidak banyak dikunyah seperti: agar-agar, makanan lembut dan es krim. Yoghurt tanpa pemanis bermanfaat untuk meningkatkan bakteri baik dalam tubuh, disarankan untuk mwngonsumsi yoghurt yang mengandung Lactobacillus acidophilus.

5. Hindari produk yang mengandung ragi

Produk yang mengandung ragi seperti: roti, bir, dan wine yang mendorong perkembangan jamur.

Sariawan di lidah bisa juga dialami tanpa sebab dan terasa berbeda dari sariawan sebelumnya, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk penanganan yang lebih serius.

Sumber: Dokter


BACA JUGA:

8 manfaat yoghurt untuk kesehatan
Penyakit ataxia freidreich, penyakit perusak sistem saraf

Posting Komentar

0 Komentar