obat cefadroxil, obat antibiotik sefalosporin

MENGENALI OBAT CEFADROXIL



PENGERTIAN OBAT CEFADROXIL



Cefadroxil adalah obat antibiotik untuk mengobati berbagai macam infeksi bakteri. Infeksi bakteri pada paru-paru dan saluran udara seperti sinusitis, brokitis, dan pneumonia.Infeksi bakteri pada telinga hidung dan tenggorokan, misalnya otitis media, faringitis, dan tongsilitis.Infeksi pada kulit atau jaringan lunak.Infeksi bakteri yang terdapat di ginjal contohnya pielonefritis, Infeksi bakteri di saluran kemih, Infeksi kandungan, Infeksi bakteri tulang seperti osteomielitis, Infeksi bakteri sendi seprti septic arthritis.


Cefadroxil obat antibiotik sefalosporin. Cefadroxil obat yang bekerja menghentikan pertumbuhan bakteri. Antibiotik cefadroxil mengobati infeksi bakteri dan tidak dapat digunakan untuk infeksi virus seperti demam biasa atau flu. Penggunaan antibiotik cefadroxil yang berlebihan akan mengurangi efektivitas dan membangun kekebalan pada antibiotik tersebut, gunakan antibiotik cefdroxil hanya dengan anjuran dokter.


Cefadroxil obat yang bekerja menghambat pembentukan protein yang membentuk dinding sel bakteri. Obat ini  merusak ikatan yang menahan dinding sel bakteri untuk membunuh bakteri penyebab penyakit. Mekanisme kerja membuat obat cefadroxil yang mempunyai spektrum luas untuk memusnahkan berbagai bakteri, bakteri gram positif ataupun gram negatif.



 beberapa tips sebelum mengonsumsi antibiotik cefadroxil



Cefadroxil obat yang digunakan dengan cara diminum,  biasanya sekali atau dua kali sehari, atau seperti anjuran dokter.Cefadroxil obat yang bekerja paling baik saat jumlahnya pada tubuh Anda tetap dalam tingkat yang sama. Agar tidak lupa, Anda dapat mengonsumsi obat ini pada jam yang sama untuk mengoptimalkan pengobatan.Jangan menggerus, mengunyah, atau memotong obat menjadi beberapa bagian kecuali dokter menganjurkannya.Dosis dan lamanya pengobatan bergantung pada kondisi medis dan juga respon terhadap pengobatan.


Apabila jarak pengonsumsian yang selanjutnya sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis obat, lanjutkan pengobatan sampai obat habis meskipun gejalanya hilang setelah selang beberapa hari. Menghentikan pengobatan yang terlalu cepat akan beresiko memungkinkan bakteri terus-menerus tumbuh, yang mengakibatkan kemunculan infeksi kembali.Beri tahu dokter jika kondisi Anda tidak berubah, semakin memburuk, atau jika Anda mengalami gejala baru. Jika Anda merasa Anda mungkin memiliki masalah medis serius, dapatkan bantuan medis segera.



Agar obat cefadroxil bisa bekerja secara optimal, wajib memahami dulu aturan penyimpanan obat. Di bawah ini beberapa panduan menyimpan obat cefadroxil :


Obat ini disarankan disimpan pada suhu ruangan, hindari dari cahaya secara langsung dan jauhkan dari tempat yang lembap.Jangan simpan obat ini di kamar mandi.Jangan simpan obat ini di dalam freezer, jauhkan semua obat dari pada jangkauan anak dan juga hewan peliharaan.Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan.Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.


dosis obat cefadroxil untuk orang dewasa


Untuk penyakit infeksi kulit, faringitis karena streptokokus, tonsilitis, dan juga infeksi saluran kemih


1-2 gram / hari dalam 1 dosis atau dalam 2 dosis


dosis obat Cefadroxil untuk anak-anak


Untuk infeksi kulit, faringitis akibat streptokokus, tonsilitis, dan juga infeksi saluran kemih pada anak usia >6 tahun dengan berat <40 kg


 30-50 mg/kg per hari dalam satu dosis atau terbagi dalam dua dosis, dapat diberikan hingga maksimal 100 mg/kg per hari



efek samping obat cefadroxil 


 Reaksi alergiMual, muntah, sakit perut, diare ringanOtot kakuNyeri sendiPerasaan gelisah atau hiperaktifRasa yang tidak biasa atau tidak enak pada mulutGatal-gatal ringan atau ruam kulitGatal-gatal pada vagina atau keluarnya cairan dari vagina



efek samping obat cefadroxil yang tergolong parah :


Diare berupa cairan atau darahDemam, menggigil, nyeri, gejala fluPendarahan atau lebam yang tidak biasaKejangKulit yang pucat atau menguning, urin yang berwarna gelap, demam, kebingungan atau keletihanJaundice (kulit dan mata yang menguning)Demam, kelenjar yang membengkak, ruam dan gatal, nyeri sendi, atau perasaan sakit pada umumnyaDemam, sakit tenggorokan, dan sakit kepala dengan lepuhan pada kulit, mengelupas, ruam berwarna merahPerasaan haus yang meningkat, kehilangan nafsu makan, pembengkakan, peningkatan berat badan, kesulitan bernapas, buang air lebih sedikit dari biasanya atau tidak sama sekali



Pencegahan & Peringatan obat



Jangan gunakan obat ini apabila Anda alergi pada antbiotik cefadroxil. 
Sebelum menggunakan obat ini beritahu dokter apabila Anda memiliki alergi terhadap obat-obatan apapun, atau apabila Anda memiliki: Penyakit ginjal Riwayat masalah usus, seperticolitis

Suspensi obat ini mengandung sukrosa. Diskusikan dengan dokter sebelum menggunakan obat ini dalam bentuk suspensi apabila Anda menderita diabetes. Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan selama kehamilan atau menyusui.tapi, obat-obatan lain mungkin aman digunakan dalam kehamilan atau menyusui karena manfaat yang didapatkan ibu dan bayi lebih besar daripada risikonya.

 jangan lupa untuk selalu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi antibiotik cefadroxil apabila Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau pun sedang menyusui.


 beberapa jenis obat dapat berinteraksi dengan antibiotik melalui dua cara, yaitu:


Obat ini menghambat kerja obat lain yang justru menghambat cara kerja obat ini. 
Penggunaan obat ini dengan obat-obat yang terlampir di bawah umumnya tidak direkomendasikan, namun mungkin dibutuhkan pada beberapa kasus. Apabila kedua obat diresepkan bersamaan, dokter Anda mungkin akan mengganti dosisnya atau seberapa sering penggunaan obat satu atau lainnya.

 Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.



 Adanya masalah kesehatan lain dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahu dokter apabila Anda memiliki masalah kesehatan lain, khususnya:



        Jika Anda memunculkan gejala overdosis selayaknya gejala efek samping yang berlebih, segera cari pertolongan medis. Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal gawat darurat rumah sakit terdekat.



     Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Pada intinya Anda tidak dianjurkan untuk menggandakan dosis apabila lupa minum obat ini.


nah,sekian penjeladan singkat tentang obat cefadroxil


semoga bermanfaat...


Posting Komentar

0 Komentar