4 manfaat rambutan untuk kesehatan tubuh

4 manfaat rambutan untuk kesehatan tubuh

4 MANFAAT BUAH RAMBUTAN UNTUK KESEHATAN



Berbagai macam manfaat buah rambutan bagi kesehatan, Buh yang khas dengan rambutnya ini merupakan buah asli asal Aasia Tenggara. Kebanyaka orang tidak tahu kalau buah rambutan termasuk buah yang terdapat super khasiatnya luar biasa untuk kesehatan.

Di bawah ini beberapa manfaat buah rambutan yang mungkin belum anda ketahui


1. Kaya nutrisi dan antioksidan


Buah rambutan kaya akan serat, vitamin dan juga mineral, setiap 100 gram daging rambutan mengandung 1-3 gram serat yang baik untuk tubuh. 
Jika mengonsumsi 5-6 buah rambutan setiap hari, maka akan dapat memenuhi 50 persen kebutuhan vitamin C harian. Semakin banyak antioksidan yang masuk pada tubuh, maka sel-sel tubuh tentu akan semakin terlindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

 Buah rambutan juga mengandung banyak mineral penting, Mineral utamanya terletak pada kandungan tembaga bagian dalam daging rambutan. Tembaga berperan penting dalam pertumbuhan dan pemeliharaan berbagai sel tubuh, baik sel tulang, otak,serta jantung.

4 buah daging rambutan saja, sudah memenuhi 20 persen kebutuhan tembaga harian, anda juga mendapatkan asupan mangan, fosfor, kalium, magnesium, besi dan, seng dari buah rambutan,walaupun jumlahnya sedikit.


2. Melancarkan pencernaan enzim


Rambutan salah satu jenis buah-buahan yang baik untuk melancarkan pencernaan.setengah daging buah rambutan mengandung serat tidak larut air.jenis serat ini tidak menyatu dengan air dan langsung melewati sistem pencernaan.


Sebagian kandungan serat lain pada buah rambutan termasuk serat larut air. serat larut air ini akan menjadi makanan bagi bakteri usus untuk menghasilkan asam lemak rantai pendek. Misalnya asetat, propionat, dan butirat yang menjadi makanan bagi sel-sel usus.


3.menurunkan berat badan supaya cepat turun


Setiap 100 gram daging rambutan yang Anda makan mengandung 75 kalori dan 1-3 gram serat. Kandungan serat tinggi dan kalori rendah yang tidak akan membuat kamu gemuk meskipun makan buah rambutan dalam jumlah banyak.


Kandungan serat larut air yang melimpah juga dapat memperlambat pencernaan serta penyerapan nutrisi dalam tubuh. dengan makan buah rambutan saja,nafsu makan dijamin akan berkurang dan justru merasa kenyang lebih lama.hasilnya akan lebih mampu menahan kebiasaan makan berlebihan yang bisa membuat berat badan naik drastis.


4. Menjaga sistem kekebalan tubuh


Manfaat buah rambutan bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh,buah rambutan mengandung sifat antioksidan dan antibakteri yang bisa melindungi tubuh dari serangan penyakit.


Sesungguhnya antioksidan berasal dari kandungan vitamin C pada buah rambutan. Asupan vitamin C yang masuk dalam tubuh mendorong produksi sel darah putih untuk melawan infeksi. Semakin sedikit vitamin C dalam tubuh, maka sistem imun akan semakin lemah dan rentan terhadap infeksi bahkan bisa menjadi sangat parah


Posting Komentar

0 Komentar