7 Cara Memperbaiki Perangkat Android Yang Tidak Bisa Masuk Recovery Mode

7 Cara Memperbaiki Perangkat Android Yang Tidak Bisa Masuk Recovery Mode


Sumber: google.com

 Perangkat android yang tidak bisa masuk Recovery Mode menjadi hal yang merugikan karena pada recovery mode terdapat fitur-fitur tersembunyi pada android. Masalah ini biasanya dari sistem Android yang memang mengalami masalah yang serius. Fungsi dari Recovery mode adalah untuk mengatur ulang smartphone ke setelan pabrik atau setelan awal, dan masih banyak lagi fitur pada recovery mode. Jadi ketika smartphone sudah terlalu berat kinerjanya maka dapat membersihkan semua aplikasi didalamnya dan mengaturnya ke mode default dimana bisa kondisi nya akan sama saat android dalam keadaan baru.

Setelah menggunakan Recovery Mode semua data akan terhapus termasuk juga aplikasi pemutar video, game ringan Android dan masih banyak aplikasi yang lain. Tidak hanya aplikasi saja, tapi semua foto, dokumen atau musik akan hilang jadi sebaiknya cadangkan dulu pada SD Card atau media penyimpanan lain. Tapi jika Android tidak bisa masuk Recovery Mode tentunya membuat bingung banyak orang. Berbagai cara dilakukan untuk mengatasi Android susah masuk Recovery Mode.

Alasan perangkat android tidak bisa masuk Recovery Mode adalah kesalahan pada penginstalan custom rom, salah memasang CMW atau juga tombol yang error. Banyak orang yang ingin mendapatkan tampilan smartphone berbeda dengan melakukan custom ROM, tapi untuk pemula justru sering menimbulkan masalah. Dengan cara custom ROM yang salah akan mengakibatkan kegagalan fungsi pada firmware maupun hardware android.

Cara Memperbaiki Perangkat Android Yang Tidak Bisa Masuk Recovery Mode :

Cara ini juga dapat digunakan untuk mengatasi android yang bootloop. Apabila recovery mode mengalami kerusakan yang mengakibatkan hilangnya fitur-fitur dari smartphone.

1. Factory Reset

Cara yang pertama adalah dengan melakukan factory reset. Pada tiap smartphone sudah disediakan fitur Factory reset yang bisa digunakan untuk mengatur pengaturan android ke pengaturan bawaan. Menggunakan Factory Reset terbukti mujarab.
Sebelum melakukan proses Factory reset sebaiknya cadangkan dulu semua data yang ada di android. Dengan proses ini semua data akan dihapus dan dikembalikan ke keadaan pabrik. Apabila setelah melakukan Factory Reset masalah pada recovery mode masih belum teratasi, coba cara selanjutnya.

2. Lepas Baterai

Lepas baterai android dan tunggu beberapa saat untuk mengatasi masalah recovery mode, tapi untuk yang android baterai tanam lebih baik jangan membongkar melainkan menekan tombol power sekitar 15 detik. Cara melepas baterai lebih dianjurkan untuk smartphone yang memiliki baterai atau baterai bisa dilepas.
Setelah melepas baterai tunggu beberapa menit, kemudian masukkan baterai dan hidupkan smartphone. Trik ini akan mereset power cycle untuk memutus aliran listrik yang mengalir ke seluruh komponen android. Tunggu sampai smartphone bisa melakukan booting, dan coba masuk ke Recovery Mode.

3. Menggunakan Mode ADB

Cara yang berikutnya adalah dengan ADB kepanjangan dari Android Debug Bridge. Kita perlu menggunakan PC atau laptop dan alatnya berupa kabel data yang kemudian dihubungkan ke Android. ADB berfungsi memperbaiki Android apabila terjadi mode error termasuk juga recovery mode yang terjadi kerusakan atau hilang. Jadi  cobalah menggunakan Mode ADB untuk masuk ke Recovery Mode.

4. Gunakan Aplikasi Lain

Jika android masih bisa masuk ke menu maka cobalah aplikasi lain contohnya Quick Boot dan masih banyak aplikasi pendukung lainnya. Dari aplikasi ini kita dapat langsung mengakses beberapa menu untuk Reboot, Recovery Mode, Bootloader dan juga power Off.

Buka aplikasi nya lalu pilih recovery mode, jika tak ada masalah maka secara otomatis smartphone akan reboot dan mulai masuk ke recovery mode. tapi cara ini tidak berhasil di beberapa model smartphone.

5. Memakai USB Jig

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan USB Jig, perangkat ini bentuknya seperti USB dan sangat berguna untuk memeriksa smartphone yang mati total. Secara langsung USB Jig akan melakukan pemaksaan pada android untuk memasuki Recovery Mode ketika di tancapkan pada port USB. Perangkat ini juga banyak di jual di online marketplace dengan harga yang terjangkau sehingga wajib dicoba.

6. Melakukan Flashing

Cara berikutnya adalah dengan melakukan flahsing. Jika smartphone dalam keadaan hidup maka cadangkan semua data terlebih dahulu. Memang setiap vendor android memiliki tools yang berbeda untuk flashing beda juga dengan firmwarenya. Jadi harus lebih hati-hati pastikan versi firmware sudah cocok dan juga tahu caranya flashing android.
Memang flashing kemungkinan bisa menyelesaikan masalah, tapi jika kesalahan terjadi akan mempengaruhi kinerja smartphone. Jadi langkah baik nya coba bicarakan dengan service center yang sudah profesional.

7.  Pergi ke Service Center yang professional

Dan jika tak ingin pusing melakukan ini dan itu, maka bawa saja ke service center atau jasa service profesional terdekat. Memang ketika melakukan service akan ada biaya perbaikan, tapi kerusakan pada android akan dengan jelas terlihat sampai langkah penyelesaian masalahnya juga lebih tepat.
Memang mengatasi android yang tidak bisa masuk ke Recovery Mode berbeda beda untuk tiap smartphone tergantung pada penyebabnya. Jika sudah terbiasa memegang smartphone android dan tau seluk-beluknya tentu pengguna bisa mengatasinya dengan mudah. Tapi bagi yang pengguna supaya lebih aman serahkan saja pada tukang service terbaik. Jika menyelesaikan masalah sendiri maka kita tidak perlu mengeluarkan uang, tapi harus berfikir lebih mengenai solusinya. Beda dengan yang membawanya ke jasa service, walau harus membayar tapi tak perlu pusing pusing melakukan cara di atas.

BACA JUGA :

cara memperbaiki recovery mode yang bermasalah

Cara memperbaiki android yang tidak bisa nyala

Posting Komentar

0 Komentar