Inilah 5 Cara Mudah Mengatasi Mulut Pahit

Inilah 5 Cara Mudah dan Alami Mengatasi Mulut Pahit

MENGATASI MULUT PAHIT


     Sebagian orang pernah merasakan bangun di pagi hari dengan keadaan mulut terasa pahit atau asam, ada beberapa macam penyebab rasa pahit di mulut, tapi keadaan mulut pahit terjadi dikarenakan faktor asam lambung naik atau bisa juga efek samping mengonsumsi obat-obatan tertentu. Kebersihan gigi dan mulut yang jelek dan buruk ternyata bisa juga berkontribusi besar pada mulut pahit.

   Mulut yang terasa pahit tentunya akan memberikan rasa tidak nyaman dan menurunkan selera makan. Tapi, ada beberapa cara ampuh dan dipercaya menghilangkan mulut pahit.


1.Kumur-kumur larutan soda kue

Banyak yang belum tau bahwa, baking soda dapat membantu menetralkan rasa pahit pada mulut. Seringlah kumur-kumur dengan baking soda jika mulut sering terasa pahit. Larutkanlah 1/4 sendok teh baking soda dan 1/2 sendok teh garam dalam segelas air hangat. Setelah itu, kumur-kumur dengan air itu lalu kumur-kumur dengan air bersih lagi sesudahnya.

2.Makan buah jeruk atau lemon

Buah jeruk atau lemon ternyata membantu menghilangkan rasa pahit pada mulut. Kebanyakan orang memakai cara ini, karena dinilai manjur jika memiliki rasa tidak enak di mulut karena mengonsumsi obat-obatan tertentu ataupun hamil. Karena kandungan rasa asam buah jeruk yang tajam mampu membantu menstabilkan perasa Anda.

3. Menyikat lidah

 Menyikat bagian lidah secara perlahan bisa membantu menghilangkan rasa pahit pada mulut. lidah juga menjadi sarang tumbuhnya berbagai macam bakteri selain di gusi atau gigi. Menumpuknya bakteri-bakteri pada indera pengecap lidah akan menyrbabkan keadaan mulut menjadi bau dan bermasalah pada kesehatan mulut dan gigi.

Pastikan menyikat lidah menggunakan alat-alat yang khusus pembersih lidah. Bukan dengan sikat gigi, karena bisa menyebabkan luka pada lidah.

4. Menjaga kebersihan mulut dengan baik

 Menjaga kebersihan mulut dengan baik ternyata merupakan cara ampuh untuk bisa mencegah pengembangan bakteri dan juga membantu menghilangkan rasa pahit atau asam pada mulut.

Kebiasaan ini sering dilakukan setiap mandi. Cukup menyikat gigi dua kali sehari saat pagi hari dan menjelang tidur. Dan jangan lupa seringlah melakukan flossing gigi dengan teratur maksimal sekali sehari.


Cara alami lainnya yang dapat menghilangkan rasa pahit pada mulut adalah:

- Banyak minum air putih. Cara ini bertujuan untuk mengurangi rasa asam di dalam perut dan juga membuang racun dari mulut.

- Kunyah permen karet bebas gula beraroma jeruk atau peppermint setelah mengonsumsi makanan pedas. Kunyah satu sendok teh cengkeh atau kayu manis.

- Jangan konsumsi makanan berlemak secara berlebihan, apalagi jika berminyak, asam, dan pedas yang bisa memicu asam lambung naik. Makanlah makanan yang porsinya lebih kecil, kunyah makanan secara menyeluruh dan jangan terburu-buru. Hindari kafein, rokok, dan juga alkohol.

BACA JUGA :

Penyakit paling berbahaya pada anak



Posting Komentar

0 Komentar