Inilah 13 Cara Mengecas Ponsel Dengan Cepat dan Lebih Aman

Cara Mengecas Ponsel Dengan Cepat dan Lebih Aman


Hanya 15 menit


Setiap orang memerlukan ponsel untuk bertahan hidup karena sebagian orang barang digital ini sudah menjadi bagian dari hidupnya. Semua keperluan kita dalam kehidupan sudah tersedia di ponsel, kita tinggal membuka, memeriksa, mengubah dan menyimpannya.

Setiap orang ingin mengecas HP secepat mungkin untuk bisa di operasikan kembali meski HP yang kita gunakan bisa rusak. Ada cara cepat untuk mengecas ponsel supaya bisa digunakan lebih lama dan ada cara yang keliru sehingga membuat ponsel rusak dan ngedrop. Berikut adalah cara mengecas hp dengan cepat dan baterai tetap aman.

1. Matikan HP


Cara tercepat untuk mengecas ponsel adalah dengan mematikan ponsel. Baterai tidak akan memakai energi sama sekali sehinnga HP bisa terisi dengan cepat.

2. Jangan mengecas sampai 100%


Isilah daya ponsel mu sesering mungkin secara sedikit demi sedikit. Jika baterai ponsel di cas sampai 100% dan ponsel dipakai terus menerus sampai mati total (daya 0%) maka baterai akan bertahan sekitar 500 - 700 siklus pengisian ulang.

Jika anda memakai ponsel sampai daya 50% lalu mengecas dalam waktu singkat dan membiarkan turun sedikit lagi secara terus menerus maka siklus baterai bisa bertahan sampai 1000 siklus.

Baterai ponsel akan bertahan sampai 3 tahun jika mengecas dengan trik seperti ini setiap hari. Batas idealnya adalah selalu menjaga ponsel pada daya 40% - 80%. Tapi, anda perlu melatih kapasitas baterai setiap hari.

Caranya adalah dengan membiarkan daya ponsel habis sampai 0% lalu mengisi penuh sampai 100%. Latihan ini akan membantu kalibrasi mekanisme yang bertanggung jawab untuk memperbaiki tampilan level daya yang tepat. Tapi, jangan dilakukan terus menerus karena bisa mempersingkat umur baterai.

3. Nyalakan mode pesawat


Baterai HP akan terisi lebih cepat dalam mode pesawat karena mode ini memutus semua aliran komunikasi. Dengan begitu, baterai ponsel tidak turun naik untuk mengirim dan menerima sinyal saat sedang ngecas.

4. Cabut pengecas saat ponsel penuh


Jika anda ponsel yang jadul maka cabutlah colokan saat baterai terisi penuh. Mengecas ponsel yang dayanya sudah penuh membuat baterai ponsel tertekan. Baterai sama seperti otot, mereka harus beristirahat setelah latihan keras.

Tanpa istirahat maka kapasitas baterai akan berkurang drastis setelah setahun kelebihan beban dan daya ponsel akan habis dengan cepat. Tapi, jika ponsel anda sudah lebih baru maka tidak perlu melakukan hal itu karena ponsel model terbaru memiliki fitur bawaan yang memblokir arus pengecasan setelah baterai mencapai 100%.

5. Menggunakan Wi-Fi


Jika anda tidak ingin lepas dari internet saat mengecas maka disarankan untuk menggunakan Wi-Fi. Cara ini lebih menghemat energi dibandingkan dengan jaringan seluler.

6. Jangan tertipu sensasi di internet


Ada berbagai macan tips di internet tentang cara mengisi baterai ponsel dengan cepat dalam waktu 30 detik, 1 menit dan sensasi lainnya. Tips itu menggunakan segala macam barang mulai dari kertas, lemon dan alumunium.


Para produsen ponsel tidak merekomendasikan tips tersebut. Jangan sampai tertipu dengan sensasi - sensasi di internet karena bukannya malah mengisi cepat tapi batetai ponsel malah rusak permanen.

7. Nyalakan mode senyap


Anda bisa menyalakan mode saat ngecas supaya daya tahan ponsel lebih lama. Matikan juga getaran pada ponsel karena getaran bisa membuang energi ponsel.

8. Jangan gunakan pengecas tanpa kabel


Pengecas tanpa kabel hampir tidak efektif dibandingkan  pengecas konvensional dalam hal kecepatan mengecas. Pengecas tanpa kabel terlihat bagus dan tanpa kabel menggantung dimana - mana. Jika anda ingin sekali mengisi baterai ponsel dengan cepat maka jangan gunakan pengecas tanpa kabel.

9. Colokkan ke stop kontak


Proses mengecas akan lebih cepat jika anda menggunakan stop kontak. Memang USB bisa digunakan untuk mengecas lewat komputer dan mobil, tapi proses mengecas ini ternyata lebih lama dari menggunakan stop kontak.

10. Melepas casing


Ponsel anda akan cepat panas dan pengap jika dimasukan ke casing. Jadi, lepaskanlah casing saat mengecas ponsel. Suhu baterai meningkat selama pengisian akan lebih baik jika panas ini keluar dari ponsel dan tidak tertahan di casing.

11. Gunakan pengecas asli


Setiap HP disarankan memakai pengecas asli dari produsen HP tersebut. Pengecas bawaan ini sangat cocok dengan karakteristik ponsel, perangkat pengecas yang lebih murah dan tidak jelas asal - usulnya bisa merusak baterai bahkan pernah ada kejadian baterai terbakar karena pengecas kualitas rendah.

12. Gunakan fitur quick charge


Rata - rata HP akan terisi penuh dalam waktu 90 - 180 menit. Tapi, ada cara untuk mengisi HP sampai 79% dalam waktu 15 - 30 menit saja yaitu menggunakan fitur pengisian cepat (quick charge). Semua baterai HP di desain untuk menerima kekuatan arus tertentu atau menghalangi aliran energi berlebih.


Tapi berbeda dengan pengisian cepat, HP akan terisi 79% dalam waktu yang cepat dan setelah itu fitur ini akan berhenti dan arus listrik kembali ke mode terbatas. Hal ini sengaja dirancang agar baterai tidak mudah rusak.

Jika anda menggunakan iPad maka gunakan adaptor pengecasnya untuk proses mengecas yang lebih cepat atau membeli adaptor khusus untuk pengisian cepat ponsel apple.

13. Sesuaikan suhu ruangan


Menaruh ponsel di ambang jendela atau kursi di sebelah kasur terlihat praktis dan nyaman. Tapi, hal tersebut sangat keliru dan merugikan ponsel sendiri. Jauhkan ponsel anda dari sinar matahari langsung dan suhu dingin karena baterai lebih cepat habis jika terkena suhu tersebut. Tempatkan atau cas ponsel mu di kamar karena suhu kamar lebih netral dari ruangan - ruangan lain.

Posting Komentar

0 Komentar