Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Lili Hujan / Zephyranthes yang Cantik dan Indah

Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Lili Hujan / Zephyranthes yang Cantik dan Indah


Cara menanam dan merawat bunga lili hujan


Bunga lili hujan (rain lily) adalah bunga yang sangat indah dan cantik. Bunga yang berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Utara ini bisa anda tanam dan tumbuh dengan mudah jika sesuai dengan metode perawatan yang tepat. Bunga rain lily sering dijadikan tanaman hiasan untuk memperindah lingkungan sekitar rumah anda, bunga ini biasanya ditanam di pot dan ditempatkan di luar ruangan.


Kenapa bunga ini dinamakan lili hujan ? karena bunga dari tanaman ini biasa muncul bersamaan dengan munculnya hujan, diberikanlah nama rain lily / lili hujan. Bunga lili tumbuh dengan tinggi maksimal 30 CM dan ukuran bunga kecil yang cantik dan indah.


Klasifikasi bunga lili hujan

Divisi : Tracheophyta
Upadivisi : Spermatophytina
Superdivisi : Embryophyta
Famili : Amaryllidaceae
Upafamili : Amaryllidoideae
Genus : Zephyranthes
Tribus : Hippeastreae
Upatribus : Zephyranthinea
Ordo : Asparagales

Tipe taksonomi : Zephyranthes Atamasco

Bunga tanaman rain lily sering tumbuh di tangkai yang sama. Warna bunga ini bermacam - macam mulai dari putih, kuning dan merah muda. Cara merawat bunga lili sangat mudah, anda hanya perlu menempatkan tanaman di tempat teduh pada sore hari dan siram tanaman secara teratur walau cuaca di daerah anda dingin.


Bunga zephyranthes membutuhkan tanah yang berdrainase baik, jika tanaman belum rimbun jangan pindahkan ke tempat lain. Siapkanlah media tanam yang baru jika ingin memindahkan umbi tanaman lili hujan.


Kelemahan bunga ini adalah tidak bisa hidup di daerah yang bersuhu di bawah 2°C. Pastikan tempat tanaman bunga terlindungi dengan baik supaya pertumbuhan bunga bisa terlaksana dengan sempurna.


Bunga lili hujan ini memiliki 6 lembar daun bunga yang berbentuk seperti terompet, pola daun bunga memanjang dan warnanya mengkilap membuat kita takjub saat memandangnya. Sesuai namanya tanaman ini akan tumbuh subur saat musim penghujan tiba.


Manfaat dari menanam bunga zephyranthes dari biji adalah mendapatkan varietas bunga yang berbeda - beda dari setiap indukan dan menghasilkan varietas dengan dua sifat berbeda, bahkan beberapa jenis bunga lili memiliki bau yang sangat harum. Jika anda ingin menanam bunga rain lily dalam jumlah banyak, anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar.



Cara menanam bunga lili hujan dari biji



Bagi anda yang tidak mempunyai tanaman induk lili hujan silahkan beli biji bunga di toko pertanian terdekat di daerah anda. Jika mempunyai tanaman indukan, anda bisa langsung mendapatkan bijinya dengan sangat mudah.


Jika pangkal bunga zephyranthes mengembang berarti penyerbukan telah berhasil terlaksana, biarkan kulit pangkal membedar dan biji di dalam bunga akan keluar. Anda harus benar - benar fokus, jangan sampai biji bunga jatuh dan berserakan di tanah atau berterbangan di bawa angin.


Baca juga : cara menanam dan merawat bunga lobelia yang indah dan menawan

Kumpulkan semua biji bunga lili hujan, lalu pilihlah yang sifatnya keras dan berisi. Jangan pilih biji yang kompong karena biji tersebut tidak layak ditanam dan jika ditanam tidak akan tumbuh sempurna. Ciri - ciri biji bunga rain lily adalah permukaan yang licin dan berwarna hitam.


Langkah selanjutnya adalah menyiapkan media tanam untuk bunga. Untuk membuat bunga lili tumbuh subur, anda tidak boleh sembarangan dalam mempersiapkan media tanam, media tanam yang baik yaitu campuran dari tanah gembur dan pupuk kandang atau kompos.


Untuk perbandingan (1:1) antara pupuk kandang dan tanah gembur. Ketika anda ingin menanan bunga, media tanam harus dalam keadaan lembab karena bunga ini suka sifat tanah yang lembab.


Biji bunga yang sudah anda peroleh harus cepat - cepat ditanam karena jika tidak ditanam akan kehilangan viability (kadaluwarsa) sehingga saat biji ditanam tidak akan menghasilkan apa - apa. Di bawah ini adalah cara menanam bunga lili hujan dari biji supaya tumbuh subur dan berbunga.


Buat lubang dengan kedalaman sekitar 0,5 CM lalu letakkan biji bunga lili dan tutup kembali dengan media tanam, langsung siram bunga dengan air secukupnya (jangan sampai media tanam tergenang air). Setelah itu, letakkan bunga di tempat yang teduh dan terkena sinar matahari langsung.



Cara merawat bunga lili hujan



Biji bunga lili akan berkecambah hanya dalam waktu 2 - 4 hari. Cara agar bunga tetap hidup dan tumbuh subur adalah memberikan air secara teratur. Siram bunga lili sehari sekali saja sudah cukup, siram pada waktu pagi atau malam hari.


Pemberian pupuk sangat penting bagi setiap bunga. Berikan pupuk pada bunga 2 bulan sekali saja supaya bunga tetap tumbuh subur dan terus berbunga setiap tahunnya. Bunga lili yang ditanam melalui biji akan berbunga pada umur 3 - 5 tahun.


Butuh perjuangan dan kesabaran dalam menanam dan merawat bunga ini, tapi yakinlah hasil yang akan didapat sesuai harapan. Bunga rain lily yang indah dan daun yang menjulur dan mengkilap bisa menghibur hati anda setiap harinya.


Anda juga bisa melakukan penyiangan bunga jika sudah ahli dalam menanam bunga zephyranthes ini supaya muncul varietas bunga baru. Semakin lama penyilangan bunga maka semakin indah bunga yang dihasilkan dan tentunya harga bunga akan sangat mahal.


Pada saat ini bunga rain lily putih dan kuning harganya lebih mahal dibandingkan lily merah muda karena varietas bunga yang langka.


Baca juga : cara mudah menanam dan merawat bunga wijaya kusuma

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog Magersena untuk mendapatkan informasi lebih banyak yang berguna di kehidupan.

Posting Komentar

0 Komentar