Cara Menanam dan Merawat Bunga Flamboyan Dengan Mudah

Cara Menanam dan Merawat Bunga Flamboyan Dengan Mudah


Cara menanam dan merawat bunga flamboyan


Pohon flamboyan memiliki bunga yang sangat cantik dan selalu tumbuh kokoh. Pohon flamboyan saat berbunga terlihat indah dan palong dinanti oleh penanamnya. Bunga flamboyan ini memiliki banyak nama, di indonesia diberi nama flamboyan, di india diberi nama gulmohar dan para ilmuwan menyebut bunga ini royal poinciana.

Di negara Indonesia, untuk melihat kecantikan bunga flamboyan, anda harus menunggu musim pancaroba. Bunga Flamboyan bisa tumbuh sampai ketinggian 9 - 15 meter di atas permukaan laut. Bunga ini akan tumbuh rimbun dan hijau seperti pohon lainnya saat musim hujan tiba. Pada saat musim kemarau tiba, tangkainya patah, batangnya mengering dan daunnya berguguran.

Kondisi perubahan batang, daun dan tangkai tersebut adalah persyaratan bunga flamboyan untuk berbunga. Pada saat hujan mulai tiba, flamboyan akan memperlihatkan kecantikannya melalui ratusan bunga yang bermekaran secara bersamaan. Pohon flamboyan banyak ditanam di daerah tropis dan sub tropis.

Hal ini pun sering disaksikan oleh orang - orang yang suka dengan keindahan bunga, tentunya mereka berfoto - foto untuk mengenang momen indah tersebut. Pohon flamboyan mempunyai daun yang menyirip dan permukaan yang berbulu dan bunga yang berwarna merah atau orange dengan diameter mencapai 10 CM.

Klasifikasi bunga flamboyan

Spesies : Delonix Regia
Tribus : Caesalpinieae
Genus : Delonix
Famili : Fabaceae
Upafamili : Caesalpinioideae
Ordo : Fabales

Tampilan pohon yang cantik dan indah ini menjadi alasan seseorang untuk menanam bunga flamboyan. Ternyata cara menanam dan merawatnya pun tidak membuang banyak waktu, simpel dan sangat mudah.

Tanpa membuang - buang waktu, mari kita simak cara penanamannya.


Cara menanam bunga flamboyan


Tahap awal penanaman bunga ini adalah kecambahan biji, hal ini sangatlah sulit dan banyak orang gagal melakukannya. Perlu diketahui, biji flamboyan berwarna hitam dan bentuknya besar, lonjong dan padat.

Baca juga : cara menanam dan merawat bunga rosella yang menarik dan cantik

Lalu, bagaimana teknik menanam bunga flamboyan supaya tumbuh subur dan berbunga. Ada dua teknik yang bisa anda lakukan.

1. Rendam bji bunga flamboyan di air hangat selama 24 jam. Setelah sehari semalam, biasanya kulit bagian luar biji akan mengelupas. Saat itu juga mulai tanam di media tanam pot.

2. Anda amplas setiap biji flamboyan yang ada, jangan terlalu lama cukup beberapa detik saja. Anda rendam biji selama seharian kemudian tanam di pot, biji bunga akan berkecambah pada hari  ke 4 - 6 setelah perendaman.

Untuk menanam bunga flamboyan, anda harus memperhatikan beberapa aspek termasuk pH tanah. Flamboyan cocok ditanam pada pH tanah antara 5,6 - 6,0. Bunga ini juga akan tumbuh jika ditanam di musim hujan, musim kemarau dan daerah iklim tropis. Tapi, tidak akan tumbuh jika ditanam di daerah bermusim dingin karena pernafasan akar bunga terhambat oleh salju yang turun dan menyebabkan bunga membusuk dan mati.

Pada saat biji yang sudah ditanam di pot mencapai tinggi sekitar satu meter maka pohon flamboyan kecil ini harus dipindahkan ke lahan permanen. Cara membuat lahannya cukup menggali dengan membuat cekungan sedalam 50 CM, kemudian pindahkan pohon flamboyan ke lahan cekungan dengan posisi tegak dan timbun akar dengan tanah serta padatkan sekelilingnya.


Cara merawat bunga flamboyan


Seperti halnya menanam, perawatannya juga tidak terlalu susah. Anda harus memperhatikan bunga dalam hal penyiraman, pemupukan dan pemangkasan.

Untuk penyiraman, tidak ada penyiraman khusus untuk bunga flamboyan. Seperti pohon lain, anda harus menyiram bunga secara rutin dan teratur supaya pohon tetap segar dan subur.

Jangan lupa untuk memberi pupuk untuk bunga flamboyan sebanyak 2 - 3 bulan sekali supaya bunga tetap sehat. Anda juga perlu melakukan pemangkasan bunga flamboyan karena bunga ini tumbuh sekitar lima meter per tahunnya.

Lakukan pemangkasan pada daun bagian atas, tangkai dan batang supaya mempercantik tampilan pohon. Pada saat pohon tumbuh sampai ketinggian 12 meter maka anda tidak perlu merawatnya lagi karena bunga ini sudah bisa mengurus dirinya sendiri.

Baca juga : cara menanam dan merawat bunga lili hujan / zephyranthes

Tenang saja, walau berhenti dirawat, bunga ini akan tetap tumbuh tinggi dengan bunga - bunga nya yang tumbuh dan siap berbunga. Bunga Flamboyan ini memiliki beberapa manfaat bagi masyarakat diantaranya sebagai tempat beeteduh dari panasnya sinar matahari, tempat bermain karena batangnya yang kokoh, bisa dijadikan rumah pohon, daun dan bijinya bisa digunakan untuk mengobati penyakit malaria karena mengandung alkanoid yang tinggi.

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog Magersena untuk mendapatkan informasi bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar