Cara Ampuh Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan Dengan Membuat Rencana Efektif

Cara Ampuh Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan Dengan Membuat Rencana Efektif


Kebiasaan menunda juga bisa disebabkan karena tubuh yang malas


Cara mengatasi kebiasaan menunda pekerjaan - Apakah anda termasuk orang yang sering menunda pekerjaan sehari - hari ? Jangan khawatir, ternyata kebiasaan menunda pekerjaan juga dialami banyak orang atau bisa dibilang sebagai hal yang normal.

Walau begitu, kebiasaan menunda pekerjaan ini tidak bisa kita biarkan terus menerus karena bisa menyebabkan kepercayaan diri berkurang, menyesal secara berlebihan dan kehilangan pekerjaan. Jika anda sudah sering menjalankan kebiasaan ini, pasti pernah merasa bahwa waktu 24 jam itu terasa cepat dan kurang.

Pada akhirnya menyalahkan diri sendiri karena telah menunda pekerjaan penting, lama kelamaan anda bisa stres juga. Piers Steel, seorang ahli tingkah laku manusia mengatakan bahwa 95 dari 100 orang suka menunda pekerjaan mereka.

Meski terlihat normal karena banyak orang yang sering melakukannya, tapi kebiasaan menunda pekerjaan jika sudah sampai pada tingkat paling parah akan menyebabkan gangguan psikologis.

Pertanyaannya apakah kebiasaan menunda pekerjaan ini bisa diubah atau tidak ? Tentu saja bisa , tapi melalui proses perlahan. Anda tidak mungkin menghilangkan kebiasaan ini dalam satu hari kecuali jika anda pintar dalam mengatur waktu luang.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan cara membuat rencana yang efektif untuk mengatasi kebiasaan menunda anda. 


Cara membuat rencana efektif untuk mengatasi kebiasaan menunda


Untuk memanfaatkan waktu 24 jam penuh dengan kegiatan - kegiatan yang sangat penting, anda harus mulai memanfaatkan waktu dengan bijak. Yaitu dengan membuat rencana harian, rencana mingguan dan ide kegiatan yang ingin dilakukan.

Waktu yang membuat kegiatan sehari - hari menjadi efektif adalah pagi hari. Jika anda mengisi waktu pagi hari dengan kegiatan yang gak penting maka waktu selanjutnya yaitu siang, sore dan malam menjadi tidak efektif.

Baca juga : 6 tips ampuh lancar berbicara di depan umum atau public speaking

Tapi, jika anda mengisi waktu pagi hari dengan kegiatan yang sangat penting maka waktu selanjutnya menjadi lebih teratur dan hati anda menjadi tenang karena pekerjaan yang sangat penting sudah diselesaikan dengan cepat. Setelah itu, anda bisa melakukan pekerjaan lain seperti bersenang - senang atau sekerar beristirahat.

Dari penjelasan di atas muncul pertanyaan. Apa saja yang termasuk kegiatan sangat penting, kegiatan biasa dan kegiatan tidak penting ?

Untuk membuat rencana efektif, anda harus meluangkan waktu untuk berpikir dan menentukan kegiatan di atas. Rencana efektif terdiri dari 3 level yaitu ide, rencana mingguan dan rencana harian.

• ide adalah kegiatan penting yang bisa muncul kapan saja dan dimana saja. Seperti tugas sekolah, kerja kelompok, tugas kantor, ketemuan mendadak dan lain - lain. Anda perlu mencatat kegiatan mendadak ini di buku catatan atau notes hp.

Membuat ide


• pada rencana mingguan, anda bisa mengeksekusi ide yang sudah anda catat sebelumnya, apakah ide tersebut bisa dilaksanakan minggu - minggu ini atau lain waktu. Anda buat daftar kegiatan penting yang harus dilakukan minggu ini, misalnya anda harus menyelesaikan tugas sekolah di hari selasa, pergi ke bioskop di hari kamis dan kerja kelompok di hari sabtu.

Anda perlu mencatat semua kegiatan penting tersebut di buku catatan atau notes hp supaya tidak lupa. Anda harus fokus pada kegiatan yang di catat pada bagian ide karena itu merupakan kegiatan penting yang tidak boleh terlewatkan.

Membuat rencana mingguan


• pada rencana harian, anda harus memberikan rincian dari kegiatan yang akan anda lakukan. Susun kegiatan - kegiatan secara berurutan dan tentukan deadline waktu setiap kegiatan kita supaya bisa membatasi setiap kegiatan.

Misalnya, jam 06:00 - 07:00 anda mempunyai janji untuk jogging bareng temen, jam 10:00 - 12:00 anda pergi ke warnet bareng adik, jam 13:00 - 15:00 anda istirahat tidur siang dan jam 15:00 - 17:00 anda harus mengerjakan tugas sekolah. Dari sini kita mengetahui bahwa kegiatan penting adalah menyelesaikan tugas sekolah, kegiatan biasa adalah pergi ke warnet dan kegiatan tidak penting adalah tidur siang.

Membuat rencana harian


Dengan memberi batas waktu di setiap kegiatan yang kita lakukan bisa memberikan efek supaya lebih disiplin dalam memanfaatkan waktu dan melatih fokus terhadap suatu hal. Setelah melakukan kegiatan penting, di sela - sela waktu anda bisa melakukan kegiatan gak penting seperti buka facebook dan nonton video youtube.

Jangan lupa untuk menceklis kegiatan yang sudah diselesaikan tepat waktu. Jika anda melakukannya terus menerus sesuai jadwal yang anda tentukan maka kebiasaan menunda kegiatan akan hilang dan anda akan merasa tidak enak saat menunda suatu hal. Secara tidak sadar, anda menjadi seorang yang selalu fokus terhadap suatu hal dan memanfaatkan waktu 1 × 24 jam dengan sebaik mungkin. 

Bagi sebagian orang, kebiasaan menunda pekerjaan ini sulit untuk dihilangkan karena mereka tidak membuat rencana tentang kegiatan apa saja yang ingin ia lakukan hari ini dan minggu ini. Dengan rencana yang sudah dibuat tadi, anda menjadi lebih terarah dalam menjalani kegiatan sehari - hari.

Baca juga : inilah 10 cara membaca buku dengan cepat dan efektif

Jika anda sulit melakukan rencana yang sudah anda rancang, teruslah berusaha dan jangan menyerah. Kebiasaan menunda ink harus anda hilangkan karena bisa mempengaruhi tingkah laku dan respon anda terhadap suatu hal.

Demikian yang bisa anda sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog Magersena untuk mendapatkan pengetahuan tentang kehidupan.

Sumber : Hujan Tanda Tanya

Posting Komentar

0 Komentar