6 Tips Ampuh Lancar Berbicara di Depan Umum atau Public Speaking

Gambar ilustrasi berbicara di depan umum


Kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking memiliki peran penting dalam kehidupan sehari - hari terutama saat memasuki dunia kerja. Anda yang memiliki impian menjadi seorang motivator hebat dan terkenal juga perlu menguasai kemampuan berbicara di depan umum.

Bagi seorang pemula, kemampuan berbicara tidak mudah untuk dilakukan. Walaupun materi sudah terkonsep, tersusun rapi, paham dengan apa yang ingin disampaikan, sudah menghafal dan mempraktekkannya berkali - kali. Tetapi saat naik ke atas panggung dan memulainya, tiba - tiba anda blank.

Blank adalah kondisi atau keadaan dimana seseorang lupa terhadap materi yang ingin disampaikan. Kenapa bisa lupa padahal persiapan dan pemahaman materi sudah sangat matang. Jangan khawatir kawan, ini merupakan masalah umum yang sering dialami oleh seorang public speaking.

Untuk mengatasi blank, anda harus tetap tenang saat sebelum naik panggung dan berada di atas panggung. Setiap orang mempunyai caranya masing - masing dalam menenangkan diri dan tetap mengontrol diri supaya tidak kehilangan materi saat tengah berbicara.

Pada zaman now ini, kemampuan public speaking sangat penting untuk kita kuasai. Anda bisa saja diberi kepercayaan di lingkungan kerja untuk melakukan sebuah presentasi atau kegiatan berbicara di depan banyak lainnya. Untuk menjadi seorang public speaking professional, tidak hanya paham dan hafal materinya saja.

Anda membutuhkan beberapa konsep yang sangat penting dalam meningkatkan kemampuan berbicara anda sehingga bisa dikagumi oleh banyak orang dan membuat anda menjadi seorang public speaking yang disukai banyak orang.


1. Tingkatkan kepercayaan diri



Hal ini yang banyak dianggap orang sebagai hal yang paling penting. Faktor utama yang membuat kita grogi saat public speaking adalah kurangnya kepercayaan diri. 

Walaupun anda sudah hafal materi yang akan disampaikan tapi anda tidak cukup percaya diri saat berada di panggung maka public speaking tidak akan berjalan lancar. Untuk meningkatkan kepercayaan diri, anda harus yakin bahwa anda punya kelebihan yang harus ditunjukkan kepada orang lain.


2. Melihat dan mendengar public speaking



Ketika keberanian dan percaya diri mulai timbul maka langkah selanjutnya adalah melihat dan mendengarkan tokoh public speaking. Anda bisa mencari tokoh public speaking yang memiliki gaya bicara yang enak dan mudah dimengerti agar bisa dijadikan contoh untuk acara public speaking anda.

Baca juga : inilah 10 cara membaca buku dengan cepat dan efektif

Anda bisa mendengarkan tokoh public speaking berbicara melalui media elektronik seperti televisi, radio, media sosial dan media lainnya. 


3. Berlatih di depan kaca



Untuk mempraktekkan kemampuan public speaking, anda bisa melatih diri di depan kaca. Pada saat anda menyampaikan seluruh materi di depan kaca maka anda bisa menilai dan mengkritik diri sendiri.

Anda bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan anda dalam berbicara. Dengan berlatih di depan kaca, anda bisa berlatih gerak tubuh, ekspresi wajah, penyampaian materi dan lain - lain. Lakukan cara ini sesering mungkin karena bisa meningkatkan kemampuan berbicara dan meningkatkan kepercayaan diri anda.


4. Praktek langsung



Anda sudah mempunyai cukup kepercayaan diri, materi yang sudah matang dan berlatih di depan kaca berkali - kali maka saatnya untuk mempraktekkannya langsung di depan banyak orang.

Jangan menyalahkan dirimu sendiri ketika melakukan kesalahan saat public speaking karena setiap kesalahan akan membuat anda mengenali diri sendiri dan membuat anda menjadi seorang public speaking yang professional.


5. Merancang Bahan Candaan



Selain menghafal materi yang akan disampaikan pada saat berbicara di depan umum atau public speaking. Anda membutuhkan sebuah bahan candaan untuk mengantisipasi pada saat pikiran kosong atau blank.

Anda bisa merangkai kalimat candaan yang berfungsi sebagai selingan untuk menghibur audience. Pada saat anda sedang menyampaikan materi dan tiba - tiba anda ngeblank (pikiran kosong) maka lontarkanlah rangkaian kalimat candaan yang sudah anda rancang sebelumnya.

Anda jangan ragu - ragu saat ingin melontarkan kalimat candaan tersebut. Audience tidak tahu bahwa anda sedang kehilangan konsentrasi dengan materi utama yang disampaikan. Tugas anda adalah memberikan candaan kepada audience sambil mengingat materi yang lupa tadi.

Baca juga : Cara Ampuh Merubah Sifat dan Kepribadian Seseorang Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Tapi, bahan candaan yang anda rancang tersebut haruslah sesuai dengan materi yang anda sampaikan. Jika tidak, anda akan dianggap ngaco atau tidak nyambung dengan apa yang anda sampaikan. Bahan candaan ini berfungsi untuk memancing daya ingat pada materi utama yang anda sampaikan. Bahan candaan ini jangan anda abaikan karena menjadi nilai lebih dalam penampilan anda sekaligus membuat audience tidak terlalu tegang dengan materi yang disampaikan.


6. Bertanya Kepada Audience



Anda harus mencoba untuk melanjutkan pembahasan materi saat ngeblank yaitu melakukan improvisasi atau ngeles. Jika anda sudah melontarkan bahan candaan tapi belum mengingat kelanjutan materi nya. Anda bisa bertanya kepada audience, misalnya dengan kalimat "oh ya, sampai dimana saya tadi ?".

Pada saat anda bertanya kepada audience maka salah seorang dari mereka menjawab sampai dimana materi utamanya maka anda akan bisa mengingat nya dan acara tetap berlangsung dengan lancar. Jadi, anda tidak perlu panik saat dilanda kekosongan saat public speaking.

Untuk menjadi seorang public speaking yang professional tidaklah mudah, anda harus banyak - banyak belajar dan mengenali kekurangan diri sendiri. Dengan sering naik ke atas panggung dan berbicara di depan banyak seorang maka anda bisa belajar banyak dan mengetahui banyak hal tentang kemampuan berbicara.

Setiap orang mempunyai caranya masing - masing dalam meningkatkan kemampuan berbicara mereka. Misalnya dengan banyak bertanya kepada guru, orang tua dan teman, banyak membaca buku pengetahuan, meniru gaya bicara orang lain dan lain - lain. Anda bisa menemukan cara anda sendiri dalam meningkatkan kemampuan berbicara supaya tetap tenang dan rileks saat menyampaikan materi di atas panggung.

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog MagerSena untuk mendapatkan pengetahuan umum lainnya yang berguna di kehidupan sehari - hari.

Posting Komentar

0 Komentar